Minggu, 09 November 2014

FGD MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN BEBAS PENYALAHGUNAAN NARKOBA MELALUI PERAN AKTIF PELAJAR.

Saat ini pelajar mulai dijadikan target oleh pengedar narkoba. Sebagai aset bangsa, pelajar merupakan prioritas untuk mendapat perlindungan dari bahaya narkoba.Hal inilah yang membuat BNN Kota Malang tidak henti melakukan upaya penyelamatan pelajar dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Pada rabu 5 November 2014, BNN Kota Malang menggelar Focus group Discussion bertema “Menciptakan Lingkungan Pendidikan Bebas Narkoba melalui Peran Aktif Pelajar” bertempat di Edotel SMKN 3 Kota Malang.
Kegiatan yang dikemas dalam bentuk diskusi dan konseling kelompok ini yang melibatkan Dinas Pendidikan Kota Malang, Psikolog dari Universitas Negeri Malang, dan 30 perwakilan pelajar Kota Malang.Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala BNN Kota Malang dan Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Malang.
Dalam kesempatan ini Kepala BNN Kota Malang menyampaikan, maraknya penyalahgunaan obat-obatan berbahaya di kalangan pelajar dipengaruhi oleh pergaulan dan karakter remaja yang kurang kuat.sehinggapelajar perlu menanamkan nilai-nilai positif bagi dirinya, karena mudah sekali terpengaruh dengan perkembangan jaman sekarang, pelajar harus bisa menyaring mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya.
Siti Ratnawati, S.H, M.Pd, kepala bidang pendidikan SMP, SMA, dan SMK Dinas Pendidikan Kota Malang selaku narasumber juga menyampaikan bahwa perkembangan psikologis remaja merupakan tahap menuju kematangan sehingga mampu memilih pergaulan yang sesuai dengan dirinya. Untuk itu diharapkan pelajar dapat memilih orang yang tepat untuk berkonsultasi dalam upaya menyelesaikan problematika remaja.
Melalui diskusi ini, BNN berupaya menyelamatkan masa depan generasi muda agar mampu memilik daya saing dengan cara menyadarkan pelajar akan bahaya penyalahgunaan obat-obatan berbahaya. Dalam kegiatan ini, peserta juga membuat action plan, yaitu rencana-rencana apa yang akan dilakukan setelah mengikuti diskusi ini. Hal ini dilakukan untuk memotivasi pelajar dalam upaya meraih impian dan cita-citanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar