Selasa, 04 November 2014

Badan Narkotika Nasional Kota Malang pada tanggal 30 Oktober 2014 mengadakan kegiatan Focus Group Discussion di Lingkungan Pelajar dengan tema “Upaya peningkatan peran sekolah dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) melalui Bimbingan Konseling. Kegiatan yang diikuti oleh 35 orang guru BK ditingkat SMP Negeri maupun swasta di Kota Malang.
Dalam acara pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Kepala BNN Kota Malang Bapak Hennry Budiman, S.Sos, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah untuk mencari solusi dan menyamakan persepsi bersama dalam menangangi permasalahan narkoba di kalangan pelajar sehingga dapat menjaga generasi muda tetap sehat dan produktif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Hal ini juga mendapatkan respon yang positif dari Plh Dinas Pendidikan Kota Malang Bapak Suwajana SE, MM dalam sambutannya menegaskan akan menggandeng BNN Kota Malang dalam mengatasi permasalahan tersebut serta dapat membuat rekomendasi ke DPR dalam membuat anggaran yang berkenaan dengan P4GN. Selain itu, beliau berharap agar para guru BK menginfokan ke Dinas Pendidikan Kota Malang tentang permasalahan pelajar yang terjadi di sekolah sehingga dapat ditangani secara lebih lanjut. Dengan demikian citra Kota Malang sebagai kota Pendidikan dapat terjaga.

Kegiatan diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam dengan pemaparan 3 narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang dan Dosen Psikologi Universitas Negeri Malang menghasilkan beberapa kebijakan yaitu (1) akan diadakan MoU antara BNN Kota Malang dengan Dinas Pendidikan dalam rangka P4GN (2) Pembentukan forum guru BK, dimana forum tersebut sebagai wadah diskusi dalam menyelesaikan permasalahan pelajar yang terjadi di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar