Selasa, 29 September 2015

Penyuluhan bahaya dan dampak penyalahgunaan narkoba di SMK Kartika IV-1 Kota Malang.

penyuluhan mengenai bahaya dan dampak penyalahgunaan narkoba ini diselenggarakan oleh SMK Kartika IV-1 Kota Malang dengan mengundang pihak BNN (Badan Narkotika Nasional) sebagai pemateri, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa) dengan total peserta sebanyak 280 orang, terdiri dari sekitar 100 orang siswa-siswi kelas 10 dan 180 orang siswa kepas 11 dan 12. Ibu Farah Adriani sebagai pemateri menyampaikan secara detail penjelasan mengenai apa itu narkoba, kegunaan, serta bahaya-bahayanya jika disalahgunakan. Dalam acara yang berdurasi selama 1 jam ini, Ibu Farah Adriani juga menyampaikan jenis-jenis narkoba, efek-efek yang ditimbulkan secara fisik dan psikis, dan juga tak lupa memaparkan tips-tips serta cara menghindarkan diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba.
Di sela-sela penyampaian materi, siswa-siswi SMK IV-1 juga diputarkan film animasi mengenai dampak berbahaya dari penyalahgunaan narkoba. Tujuan diputarkannya film animasi tersebut adalah agar siswa-siswi dapat lebih memahami ilustrasi yang mudah dipahami, bahwa penyalah gunaan narkoba dapat sangat merugikan diri dan masa depan para siswa sebagai generasi penerus bangsa.
Sehingga dengan materi dan pemutaran film tersebut diharapkan akan membuat siswa-siswi senantiasa waspada dengan bahaya dan dampak penyalahgunaan narkoba yang bisa berakibat sangat buruk bagi siswa-siswi tersebut.
Setelah pemutaran film animasi, tak lupa Ibu Farah Adriani menyampaikan pesan, nasihat dan juga mengarahkan tindakan yang harus dilakukan para siswa jika menemukan orang yang terlibat penyalahgunaan narkoba, selain itu Ibu Farah juga mengajak siswa mengucapkan yel-yel agar siswa lebih bersemangat dan memiliki niat yang kuat untuk menghindarkan diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Terakhir, acara ditutup kembali dengan mengucapkan yel-yel dan juga ikrar/janji yang diucapkan secara bersama-sama agar siswa-siswi memiliki komitmen dan berjanji untuk menolak dan menjaga dirinya dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Pihak sekolah pun menyambut baik adanya sosialisasi penyalahgunaan narkoba, bahkan mengusahakan adanya program yang berkeberlanjutan untuk menangkal penyalahgunaan narkoba. Salah satunya adalah dengan mengusahakan kerja sama lanjutan dengan BNN kota Malang untuk melakukan tes urin bagi siswa-siswi SMK Kartika IV-1 Kota Malang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar