Selasa, 06 Mei 2014

FOCUS GROUP DISCUSSION BNN KOTA MALANG “PERAN SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN)”

Kota Malang , 6 Mei 2014 – Badan Narkotika Nasional Kota Malang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran Sekolah dan Keluarga Dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)”. Kegiatan yang diadakan di ruang serbaguna SMA Negeri 4 Kota Malang diikuti oleh guru, wali murid, dan siswa SMAN 1 dan SMAN 4 Kota Malang. Kegiatan diskusi tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta, tidak tampak ada batas antara guru dan murid dalam mengutarakan pendapat. 

Kepala BNN Kota Malang, AKBP Hennry Budiman, S.Sos, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa “peran orang tua dan guru sangat penting dalam membentengi anak atau siswa dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba”.

Dalam diskusi, salah seorang siswa menyampaikan bahwa pada dasarnya mereka perlu diberikan penghargaan sebagai pribadi, diberikan kesempatan dan arahan sesuai bakatnya.

Narasumber yang berasal dari perwakilan guru menyampaikan bahwa banyak upaya yang telah dilakukan sekolah dalam membentengi anak didik dari bahaya narkoba, diantaranya dilakukan konseling pastoral yang berkaitan dengan keimanan, dibentuk kelompok konseling teman sebaya, dilakukan kerjasama dengan pihak terkait, dan ditunjuk informan di lingkungan sekolah untuk saling mengawasi.


Peserta kegiatan menyambut baik kegiatan semacam ini, diharapkan kegiatan diskusi seperti ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, tetapi bisa menjadi kegiatan yang rutin diadakan di sekolah, untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah bebas narkoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar