Selasa, 10 Februari 2015

SEMINAR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) BADAN NARKOTIKA NASIONAL DI KANTOR KECAMATAN BLIMBING SENIN, 9 FEBRUARI 2015

Permasalahan Narkoba di Indonesia semakin ‘akut’. Prevalensi penyalah guna narkotika semakin tahun semakin meningkat. Bahkan saat ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyematkan “predikat” Darurat Narkoba untuk Indonesia. Di kota Malang sendiri, penyalahgunaan narkoba juga marak di kalangan pelajar. Untuk mengatasi hal tersebut BNN Kota Malang tidak bisa bergerak sendirian, tapi diperlukan usaha bersama dari berbagai lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu mencegah dan memberantas penyalahgunann dan peredaran gelap narkoba.
Menyikapi hal tersebut, hari ini (09/02) BNN Kota Malang mengadakan kegiatan seminar ‘bertajuk’ “Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN”) di kantor Kec. Blimbing. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Bapak Imam Rofi’ie, dengan narasumber langsung dari Kasi Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Malang, Dra. Ellyda dan perwakilan Bakesbangpol, ibu Ani. Pokok  materi yang disampaikan oleh kedua narasumber adalah mengenai peran masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Bahwa Seluruh instansi / komponen masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika, sementara Badan Narkotika Nasional (BNN) merupakan leading sector dalam pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).
Para audiance yang terdiri dari Kasipemtrantib kelurahan, tokoh masyarakat, kader PKK, perwakilan Karang Taruna, ketua RT dan RW se-Kecamatan Blimbing sangat antusias menyimak dan beberapa  mengajukan pertanyaan. Salah satu diantara mereka memberi komentar “Kegiatan ini sangat baik dan menambah wawasan tentang bahaya narkoba” kata bapak paruh baya bernama Karyono, “Saya lebih ingin bergerak membantu pemerintah untuk memberantas narkoba” imbuhnya. Seminar ini tidak cukup sampai disini, tapi akan ada tindak lanjut, yaitu sebanyak 5 orang dari seluruh peserta akan ikut pelatihan satgas anti narkoba yang akan diadakan kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar